Invoice Financing

Invoice Financing merupakan produk pinjaman bagi Badan Usaha yang membutuhkan modal kerja atas usahanya. Badan Usaha tersebut harus memiliki hubungan bisnis dengan instansi pemerintahan ataupun perusahaan seperti Badan Usaha Milik Pemerintah, anak perusahaan milik pemerintah, perusahan terbuka (Tbk.), atau perusahaan multinasional. Produk Invoice Financing Pegadaian dinamakan Pinjaman Modal Produktif.

Invoice Financing Pegadaian selanjutnya disebut Pinjaman Modal Produktif mengacu pada Peraturan OJK Nomor 31 Tahun 2016 tentang Usaha Pergadaian. Berbeda dengan produk invoice financing yang dikeluarkan oleh institusi keuangan lainnya, Produk Pinjaman Modal Produktif tidak membutuhkan jaminan asset fisik. Cukup dengan copy invoice aktif sebagai jaminan yang akan diikat secara fidusia.

Invoice yang akan dijaminkan Pegadaian harus merupakan Invoice yang masih aktif (belum dibayar), sudah diakseptasi oleh Payor, memiliki tanggal jatuh tempo minimal 30 hari dari tanggal pengajuan pinjaman ke Pegadaian, serta dilengkapi dengan semua dokumen pendukung yang dipersyaratkan. Pegadaian akan melakukan verifikasi, validasi atas seluruh dokumen pengajuan pinjaman tersebut, termasuk melakukan kunjungan langsung (field visit) kepada borrower maupun payor nya untuk selanjutkan dilakukan penilaian kelayakan dan kapasitas pengembalian pinjaman.

Tidak bisa. Invoice yang dapat dijaminkan ke Pegadaian adalah Invoice yang masih aktif, belum jatuh tempo serta belum dilakukan pelunasan atau pembayaran tagihannya oleh payor atau pemberi kerja.

Kewajiban menagih Payor untuk membayar tagihan invoice atas pekerjaan atau prestasi yang telah dilakukan atau diselesaikan tetap menjadi tanggung jawab dari borrower atau nasabah.

Pegadaian menjamin kerahasiaan dokumen perusahaan dan data identitas diri yang diberikan sesuai dengan Syarat & Ketentuan serta Kebijakan Privasi yang berlaku. Setiap aplikasi pinjaman akan melalui proses penilaian kredit yang tepat sehingga akan disesuaikan dengan kemampuan dan kapasitas perusahan untuk melunasi pinjaman tersebut. Setelah pencairan dana, kami terus memonitor peminjam dan akan mengingatkan peminjam untuk membayar pinjaman secara tepat waktu.

Produk Pinjaman Modal Produktif

Merupakan pinjaman dana berbasis Invoice Financing dengan skema fidusia yang menggunakan jaminan invoice aktif (belum jatuh tempo) untuk kebutuhan modal usaha yang dimulai dari Rp 10 juta hingga Rp 2 miliar, dengan tenor 15 – 180 hari.

Sewa Modal atau bunga pinjaman dikenakan berdasarkan hasil penilaian atau scoring sesuai dengan tingkatan faktor risiko yang berlaku di Pegadaian. Semakin tinggi nilai scoring maka semakin ringan sewa modal yang didapatkan. Sewa Modal akan diketahui oleh borrower setelah proses penilaian kredit selesai dilakukan, dan Pegadaian memberikan informasi keputusan pinjaman kepada borrower.

Pegadaian tidak memungut biaya apapun untuk proses registrasi ataupun proses pengajuan pinjaman yang dilakukan oleh nasabah. Seluruh proses pengajuan Pinjaman Modal Produktif hanya dapat dilakukan secara online melalui website https://digilend.pegadaian.co.id. Waspada terhadap segala jenis dan bentuk penipuan yang mengatasnamakan Pegadaian atau Digital Lending Pegadaian. Informasi resmi hubungi call center Pegadaian atau email ke digilend@pegadaian.co.id.

Ada. Terdapat biaya administrasi. Besar biaya administrasi adalah 1,2% hingga 2% sesuai besar pinjaman dan lama waktu pinjaman. Biaya administrasi ini akan dipotong secara otomatis dari Uang Pinjaman yang kami cairkan kepada Anda.

Produk Pinjaman Modal Produktif hanya dapat diajukan secara online / digital melalui website https://digilend.pegadaian.co.id .

Pelunasan Pinjaman Modal Produktif

Pelunasan Pinjaman dihitung berdasarkan jumlah pokok uang pinjaman ditambah sewa modal atau bunga pinjaman sesuai lama pinjaman, yang semuanya ditetapkan dalam akad perjanjian antara peminjam dan Pegadaian.

Contoh:
Uang Pinjaman = Rp 100.000.000,-
Lama Pinjaman = 30 hari
Sewa Modal/bunga = 15% p.a atau 1.25% per 30 hari

Maka Pelunasan Pinjaman adalah:
Pokok Pinjaman = Rp 100.000.000,-
Sewa Modal / Bunga = Rp 1.250.000,-
Pelunasan Pinjaman = Rp 101.250.000,-

Periode pinjaman dimulai pada saat penandatangan perjanjian kredit.

Bisa. Namun pembayaran harus dilakukan dengan jumlah kewajiban sesuai dengan akad.

Bisa. Namun pelunasan pembayaran harus disesuaikan dengan kewajiban sesuai akad.

Tidak ada denda untuk pelunasan dipercepat. Namun pelunasan pembayaran harus disesuaikan dengan kewajiban sesuai akad.

Apabila pelunasan terlambat, maka selain wajib melunasi kewajiban pokok pinjaman dan sewa modal /bunga, nasabah akan dikenakan biaya keterlambatan sebagai berikut :

  • Denda Keterlambatan : sebesar 0,05% dari uang pinjaman (dihitung per hari)
  • Biaya Proses Penagihan : sebesar [(jumlah hari pinjaman/360) x sewa modal] dari uang pinjaman (dihitung per hari)

Pelunasan Pinjaman Modal Produktif hanya dapat dilakukan secara non-tunai dengan cara pembayaran melalui transfer ke nomor Virtual Account yang telah dibuat khusus dan tercantum dalam akad perjanjian pinjaman masing-masing nasabah.

Layanan Nasabah dapat diakses melalui call center Pegadaian 1500569, atau langsung menghubungi Unit Operasional Digital Lending Pegadaian melalui telepon (021) 50958305 atau email ke digilend@pegadaian.co.id di hari dan jam kerja operasional kami: Senin – Jumat, Pukul 08:00 – 17:00 WIB (diluar hari libur nasional).

Register Account

Email yang digunakan harus email yang mewakili secara corporate (baik email pribadi maupun email perusahaan). Email ini merupakan email yang sering digunakan, sehingga dengan email tersebut, operasional peminjaman akan berjalan dengan lancar. Apabila yang mendaftar sekaligus merupakan penanggungjawab yang akan menandatangani akad perjanjian pinjaman, maka email tersebut juga akan digunakan dalam proses penandatanganan dokumen secara digital tersertifikasi.

Dapatkan Pekerjaan berarti bahwa borrower harus sudah memiliki pekerjaan/kontrak proyek/pengadaan apapun dari perusahaan manapun (yang sesuai dengan persyaratan untuk Payor – Perusahaan terbuka (Tbk.), perusahaan multinasional, lembaga atau institusi pemerintahan, Badan Usaha Milik Pemerintah (BUMN/BUMD), dan anak perusahaan miliki pemerintah) sehingga terbit invoice aktif (belum jatuh tempo) atas pekerjaan tersebut dan bisa digunakan untuk mengajukan Invoice Financing ke Pegadaian.

Setelah borrower mendapatkan konfirmasi pinjaman dari Digital Lending Pegadaian, peminjam akan mendapatkan Surat Penawaran Pinjaman melalui akun yang terdaftar. Setelah peminjam menyetujui penawaran yang kami berikan, penandatanganan kontrak atau akad pinjaman akan dilakukan secara digital antara Peminjam dan Pegadaian melalui Partner Penyedia Layanan Tanda Tangan Digital Bersertifikasi yang telah bekerjasama dengan Pegadaian.

Kami menjamin keamanan informasi Anda. Data yang telah di-input hanya digunakan sesuai dengan Syarat & Ketentuan serta Kebijakan Privasi kami. Selain itu, data yang masuk kedalam platform kami diamankan dan dienkripsi dengan sistem keamanan fisik, elektronik, dan tata kelola yang baik. Pegadaian tidak akan memberikan informasi nasabah kepada pihak ketiga tanpa izin terlebih dahulu dari nasabah. Pegadaian hanya menanyakan data pribadi untuk kelengkapan verifikasi dan pemenuhan kewajiban persyaratan pinjaman.

Klik “Profil Anda”, lalu pilih “Akun Saya”. untuk merubah sebagian besar informasi. Untuk informasi seperti perubahan atau penghapusan Data Badan Usaha dan informasi kritikal lainnya, mohon untuk menghubungi Relationships Manager Digital Lending yang melayani anda, atau dengan mengirim email ke digilend@pegadaian.co.id. Hal ini dilakukan untuk meyakini bahwa perubahan informasi penting memang berasal dari Anda.

Silahkan klik “Lupa Password?” di halaman Login atau Registrasi untuk melakukan pergantian password. Instruksi untuk me-reset password Anda akan dikirimkan ke email terdaftar Anda.